Panduan Kustom Domain di Blogspot

Kustomasi domain di blogspot merupakan suatu cara untuk konfigurasi nama domain di blogspot menjadi nama domain lain yang sesuai dengan keinginan kita. Bila masih dalam naungan blogspot nama alamat domain kita (yang semula) masih berupa namablog.blogspot.com, maka untuk menyingkatnya nama domain ini dapat diganti dengan domainkita.com (atau .info, .org, .net, . biz, .name, .cc, dan lain-lain, tanpa .blogspot.com). 

Dengan kustomisasi nama domain ini, alamat blog kita menjadi lebih singkat, terlihat lebih mempribadi dan dapat pula untuk mencerminkan isi dari (tema) blog yang kita usung.


E-book yang disusun Agus Ramadhani ini berisi langkah demi langkah bagaimana melakukan kustomasi domain di blogger (blogspot). Dimulai dengan Tips Bagaimana Memilih Hosting + Domain, yang dikutip Agus dari sumber terpercaya (yaitu bapak Onno W. Purbo), tulisan dilanjutkan dengan membahas salah satu dari banyak penyedia Hosting + Domain Murah di Indonesia.

Pembahasan e-book berikutnya adalah bagaimana setting custom domain di blogspot. Tiga hal pokok terkait setting custom domain ini adalah setting pada DNS (Domain Name System) yang gratis, setting server name pada domain manage, kemudian dilanjutkan dengan melakukan setting pada blogspot. Untuk DNS, ada beberapa DNS gratis yang direkomendasikan oleh blogger (blogspot), namun dalam e-book ini hanya difokuskan pada dnspark.net. Di bagian lain dari e-book ini dibahas juga mengenai cara men-setting subdomain dan solusi redirect domain tanpa www di dnspark.net.

Melengkapi bahasan kustomasi domain dengan DNS free atau gratis dalam e-book ini, Agus membahasnya kembali dalam postingannya  yang berjudul Free DNS Hosting Service via Xname dan Setting Cname Record pada EveryDNS (Blogger Custom Domain).

Bagi Anda yang berencana memiliki nama domain sendiri dan ingin tahu lebih jauh tentang mengkonfigurasi domain di blogspot, tidak ada salahnya membaca e-book ini. E-book bisa di download di sini.

[Sumber : Blog Ades Hendra]

Komentar :

ada 0 comments ke “Panduan Kustom Domain di Blogspot”

Post a Comment

 

Recent Comments