Bisnis Online?

Kalau selama ini kita mengenal bisnis offline atau konvensional di sekeliling kita, seperti warung makan, toko kelontong, kios koran, dan lain-lain, maka saat ini kita akan "bersentuhan" dengan bisnis online.

Apa itu Bisnis Online?

Seperti halnya bisnis konvensional, bisnis online juga salah satu bentuk bisnis yang menjual sesuatu. Hanya saja, media yang digunakan adalah online alias Internet. Setiap pelaku bisnis online menggunakan berbagai sarana di Internet untuk mempromosikan usahanya, seperti e-mail, mailing list, iklan baris gratis, layanan web gratis, dll.

Di beberapa negara lain, sudah banyak orang menjadikan dan mengandalkan hidupnya dari bisnis ini. Mulai dari berdagang kecil-kecilan, menjual jasa dan ketrampilan sampai menjual alat berat dapat dilakukan hanya dengan bantuan seperangkat komputer dan sambungan internet.

Diantara cerita kesuksesan seseorang menghasilkan pendapatan melalui Internet, tentu saja menyisakan sedikit (atau banyak?) anggapan bahwa bisnis Internet adalah bisnis bohong yang kerap menimbulkan penipuan. Tentu, Internet sangat rentan penipuan. Tapi, bukankah bisa disikapi dengan bijak?

Sekarang, apakah Anda ingin mencicipi manisnya bisnis online?

Boleh saja, asal Anda mulai menghilangkan anggapan-anggapan miring yang beredar, berani mengambil keputusan untuk memulai dan bertekadlah bertindak jujur!

Beberapa ganjalan yang mungkin harus Anda hadapi untuk memulai bisnis online Anda :

1. Saya tidak mengerti sama sekali!

Jangan khawatir, kunjungi terus dan ikuti saja tulisan saya di blog ini, karena kita akan belajar bersama-sama dibidang ini. Setuju?

2. Saya bukan ahli komputer dan tidak punya komputer!

Bukan masalah! Bisnis online bisa dilakukan oleh semua orang, meskipun kita tidak memiliki komputer sekalipun. Jika Anda tidak memiliki komputer, Anda bisa menjalankannya di Warnet. Untuk memulai, memang ada yang perlu Anda pelajari seperti Microsoft Word atau FrontPage (mempelajari, tidak perlu sampai menguasai!) dan cukup Anda pelajari di buku-buku komputer yang beredar di toko buku kesayangan Anda. Selain itu, bisnis ini bisa berjalan otomatis dan dijadikan bisnis sampingan sehingga Anda bisa mengerjakan bisnis Anda yang lainnya.

3. Saya tidak punya modal besar untuk menyediakan produk yang ingin dijual!

Pada jenis bisnis online tertentu, kita bisa memulainya dengan hanya menyediakan sambungan internet saja. Ada pula yang tidak mensyaratkan kita menyewa tempat atau menggaji karyawan. Bahkan, kita bisa berbisnis dan menghasilkan uang melalui produk orang lain tanpa harus dipusingkan dengan pengadaan produk. Nanti, Anda bisa pilih yang cocok sesuai minat Anda.

4. Apakah saya harus terhubung ke internet 24 jam non stop?

TIDAK! Kita tidak perlu terus menerus terhubung dengan Internet 24 jam sehari. Yang penting, kita secara rutin memastikan apakah ada pesanan yang masuk.




5. Bagaimana orang akan mengunjungi situs web saya diantara berjuta-juta situs web yang lain?

Tak perlu cemas, ada banyak cara jitu untuk mempromosikan dan memasarkan situs web Anda dengan cara yang mudah bahkan gratis untuk mengenalkan situs web kepada dunia!

6. Bla... bla... bla.. dan bla... bla... bla...

Sudah ah! ikuti saja proses belajar kita di blog ini agar semua keraguan kita terhapuskan. Setuju?

Kan, kita satu kelompok belajar? Kita harus kompak belajar bareng, ya?

Komentar :

ada 0 comments ke “Bisnis Online?”

Post a Comment

 

Recent Comments